Acara Buka Bersama Komunitas Teknik Industri Indonesia (11 juli 2014)

Acara Buka Bersama Komunitas Teknik Industri Indonesia

Bertempat di Resto Bebek Bengil, Menteng Jakarta telah dilakukan acara silaturahim dan buka bersama para anggota Komunitas Teknik Industri Indonesia(KTII), Jumat, 11 Juli 2014. Acara yang dihadiri oleh Dr. Ir. Lukita Dinarsyah Tuwo, M.A, Wakil Kepala Bappenas, yang juga Ketua Alumni Teknik Industri ITB, Indracahya Kusumabrata, Ketua BKTI PII, Made Dana Tangkas, Ketua  ISTMI, dan Gunawarman Hartono, Sekjen BKSTI dan +/- 35 orang anggota KTII ini dimaksudkan juga sebagai tindak lanjut Kesepakatan  Bersama 3 pilar KTII, yaitu antara Badan Kejuruan Teknik Industri – Persatuan Insinyur Indonesia (BKTI PII), Badan Kerjasama Penyelenggara Pendidikan Tinggi Teknik Industri (BKSTI) dan Ikatan Sarjana Teknik Industri & Manajemen Industri (ISTMI), yang telah ditanda-tangani pada 8 Juni 2014 di  Jagorawi Golf & Country Club, Sentul , Bogor.

9 Program utama tersebut adalah :

  1. Pelatihan Dasar Profesi Ke-insinyuran untuk Perguruan Tinggi Penyelenggara Pendidikan Teknik Industri.
  2. Peningkatan Mutu Penyelenggaraan Pendidikan Teknik Industri Nasional.
  3. Pemberdayaan UKM
  4. Sertifikasi Insinyur Profesional
  5. Pelatihan Profesi Lanjutan
  6. Seminar Penguatan Struktur Industri Nasional
  7. Database Bidang Kerja dan Insinyur Teknik Industri
  8. Jurnal Teknik Industri
  9. International Conference on Resources based Industry

Hasil pertemuan ini telah menyepakati 4 agenda langkah strategis sebagai berikut :

  1. Pembentukan Yayasan Komunitas Teknik Industri Indonesia, sebagai wujud satu kesatuan kelembagaan dari 3 organisasi “Founder” KTII untuk tujuan pengelolaan dana agar dapat mendukung program program KTII secara berkelanjutan melalui bentuk Dana Abadi PT Bahana (Pesero), yang ditargetkan bulan September bisa “launching”.
  2. Pelaksanaan Program No 3 dan No 6 diselenggarakan dalam bentuk Annual Conference Komunitas Teknik Industri yang akan dilaksanakan pada awal tahun 2015. Thema Annual Conference 2015 adalah Penguatan Struktur Industri Nasional dengan sub-topik : Pengembangan IKM / IKM dan Resource Based Industry. Annual Conference akan menjadi agenda tahunan KTII.
  3. 9 Program KTII tersebut akan segera diimplementasikan. Akan dibetuk gugus tugas-gugus tugas dari anggota KTII. Menghimbau kepada semua anggota untuk berpartisipasi secara aktif dalam 9 program tersebut, dengan mendaftarkan diri sebagai : Pengarah / Penasehat / Steering, Pelaksana / Executive / Program Manager, Sponsor atau Mitra, dll pada masing-masing program.
  4. Dengan sudah diberlakukannya UU No 14 tahun 2014 tentang Keinsinyuran, maka dihimbau seluruh anggota KTII ini segera meregistrasi ke-insinhurannya, sejalan dengan program KTII No 4. Sertifikasi Insinyur Profesional, untuk meningkatkan dan memperoleh pengakuan kompetensi dalam rangka pengembangan SDM dan meningkatkan daya saing professional pada pasar bebas mendatang.

Link undangan [Disini]
Link event [Disini]

Loading Gallery