Artikel Industri : Penjualan Minuman Ringan Ditargetkan Tumbuh 4 Persen Tahun Ini





Oleh: Annisa Sulistyo Rini

Penjualan Minuman Ringan Ditargetkan Tumbuh 4 Persen Tahun Ini

Bisnis.com, JAKARTA – Asosiasi Industri Minuman Ringan (Asrim) memproyeksikan pertumbuhan penjualan minuman ringan sepanjang tahun ini akan tumbuh sekitar 3%-4% atau berada di level yang tidak jauh beda dengan tahun lalu.

Ketua Asrim Triyono Prijosoesilo mengatakan data yang dikumpulkan asosiasi menunjukkan permintaan minuman ringan hingga Mei 2019 secara keseluruhan masih stagnan jika dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Namun, Triyono optimistis volume penjualan bakal positif sepanjang 2019. Pasalnya, beberapa anggota asosiasi melaporkan serapan pada momentum Hari Raya Lebaran lalu mengalami peningkatan.

Setiap tahun, penjualan pada saat Lebaran bisa mencapai 30% dari volume serapan masyarakat sepanjang tahun.

“Tantangan bagi kami adalah bagaimana menjaga penjualan setelah Lebaran. Biasanya teman-teman akan menggenjot pemasaran, misalnya mengadakan promo,” ujarnya kepada Bisnis, Rabu (17/7/2019).

Minuman ringan merupakan golongan nonalcoholic ready to drink (NARTD), seperti produk susu, jus, kopi, the, dan variannya.

Industri minuman ringan masih didominasi oleh produk air minum dalam kemasan (AMDK) sekitar 70% dan diikuti oleh produk teh dalam kemasan serta produk-produk minuman lainnya.

Sebelumnya, Rachmat Hidayat, Ketua Asosiasi Perusahaan Air Minum Dalam Kemasan (Aspadin), meyakini permintaan AMDK diperkirakan bisa…

Selengkapnya dapat dibaca disini (Source) :
https://ekonomi.bisnis.com/read/…