Sumber : https://www.oto.com/artikel-feature-mobil/tata-motors-berbagi-kisah-sukses
Diterbitkan Pada Agustus 25, 2016 Oleh Indra Alfarisy
Tidak mudah untuk sebuah merek baru di bidang otomotif, untuk masuk dan bertahan di pasar Indonesia. Hal yang sama berlaku untuk Tata Motors asal India. Mereka sempat memasarkan kendaraan penumpang dan komersial di Indonesia, dengan percaya diri. Namun pasar Indonesia yang seolah hanya percaya pada merek yang itu-itu saja, membuat mereka sulit untuk berbicara banyak, meski mereka memiliki misi untuk menjadikan Indonesia sebagai pasar terbesar kedua setelah India.
Di bawah kepemimpinan Biswadev Sengupta, mereka hadir dengan deretan mobil penumpang seperti Tata Aria, Safari Storme, dan city car Vista. Namun penerimaan pasar Indonesia terhadap mobil-mobil tersebut tidak begitu baik, meski kami harus akui, Tata Aria, crossover MPV-SUV dengan kapasitas tujuh penumpang, adalah salah satu kendaraan MPV terbaik yang pernah kami coba. Tata Motors Distribusi Indonesia pun ‘banting setir’ mereka melihat sektor komersial justru terlihat lebih menjanjikan. Dan langkah mereka yang tidak biasa pun dilakukan: kurangi jualan mobil penumpang, dan genjot kendaraan komersial. Hasilnya? Kami harus angkat topi untuk tim Biswadev. Mereka sukses menjual lebih dari 3.000 unit kendaraan komersial, hanya dalam waktu 2,5 tahun saja, dengan jaringan dealer yang terus bertambah. Jarang ada merek mobil yang sanggup melakukan hal itu… Selengkapnya dapat dibaca disini : https://www.oto.com/artikel-feature-mobil/tata-motors-berbagi-kisah-sukses |