Program Percepatan Sertifikasi Insinyur Profesional secara Online



Kepada yth:
Calon Aplikan Sertifikasi Insinyur Profesional (Bidang Teknik Industri / Manufakturing / Produksi / Sistems / Sejenis)
Di manapun berada.

Dengan hormat,
Persatuan Insinyur Indonesia (PII) akan menyelenggarakan Percepatan Sertifikasi Insinyur Profesional secara online yang dapat diikuti oleh para Alumni Teknik Industri dan para profesional yang bekerja pada sektor industri / manufakturing / enjiniring sistem atau sejenisnya, apapun latar belakang keteknikan/keinsinyurannya, dimanapun mereka berdomisili, baik di dalam negeri maupun luar negeri, silakan mendaftar.

Sertifikat Insinyur Profesional , memenuhi persyaratan UU No. 11/2014-Keinsinyuran, untuk memperoleh STRI – Surat Tanda Registrasi Insinyur, legalitas melaksanakan Praktik Keinsinyuran . Sertifikat Insinyur Profesional memperoleh pengakuan MRA (Mutual Recognition Arrangement) dengan ASEAN Engineering Register (AER) dan Asia Pacific Engineer Register (APEC ER). Berazaskan Self Assesment

Aplikan dimohon untuk menyusun CV sesuai dengan Standar Format Sertifikasi sebagaimana terlampir. Diisi secara lengkap dengan data dan kegiatan / pekerjaan, pelatihan / workshop, dll, semenjak lulus S1 sampai mutakhir / sekarang. Khususnya kolom Uraian Lengkap harus diisi dengan uraian secara lengkap untuk memperoleh jumlah klaim kompetensi yang maksimal secara akumulatif.

Jenjang Insinyur Profesional
Score 600 – Insinyur Profesional Pratama (IPP).
Score 3000 – Insinyur Profesional Madya (IPM).
Score 6000 – Insinyur Profesional Utama (IPU).

Contoh isian CV Lengkap dan Skema Scoring sebagaimana terlampir.

Jika masih ada pertanyaan, silakan jangan ragu mengirim email atau pesan WA ke :
Catur Hernanto, IPM, AER | 081311512420 | catur.hernanto@gmail.com |
Fikry Irianto | fikryirianto@yahoo.com |
Tias Prasetyo | tiasprasetyo88@gmail.com |

Terlampir disampaikan Folder Pre IP – Insinyur Profesional untuk dibaca, difahami dan dihayati sebagai Anggota PII.
http://bit.ly/2GTTt7e atau https://drive.google.com/… (RAR)


Persyaratan :
1. CV yang telah diisi lengkap diberi foto (Wajib)
2. Scanned / foto KTP (Wajib)
3. Scanned / foto Ijazah S1 legalized (Wajib), Minimal berpengalaman bekerja keinsinyuran 3 tahun
4. Scanned / foto Ijazah S2 / S3 (Tidak Wajib).
5. Scanned / foto dokumen pendukung /sertifikat (Penghargaan, training/workshop, SK-SK Kepanitiaan, dll) (Tidak Wajib)
6. Bukti Transfer : Pendaftaran / Iuran Tahunan, Biaya Konversi CV / Printing, Biaya Uang Muka Sertifikat, Sisa Pelunasan Biaya Sertifikat (Wajib)

Biaya Jasa Konversi, Biaya Pendaftaran, Biaya Iuran Anggota tahunan serta Biaya Sertifikasi:

    a. Jasa konversi dari CV ke FAIP sebesar Rp. 500.000 dan biaya printing FAIP Rp 150.000, Total Rp. 650.000 harus dibayar dan ditransfer ke rekening Bank Mandiri KCP Jakarta Tandean, No. Account: 1020007009167 a/n Yayasan Komunitas Teknik Industri Indonesia, sebelum proses konversi dari CV ke FAIP dilaksanakan.

    b. Biaya Pendaftaran, Biaya Iuran Anggota serta Biaya Uang Muka Sertifikasi Biaya Pendaftaran anggota PII sebesar Rp. 100.000. Sekali untuk selamanya. Biaya Iuran Anggota (KTA) pertahun sebesar Rp. 300.000. Biaya Uang Muka Sertifikasi. Uang muka Biaya Sertifikasi sebesar Rp. 1.000.000 harus dibayarkan sebelum proses sertifikasi.

Total Biaya Pendaftaran, Biaya Iuran Anggota serta Biaya Uang Muka Sertifikasi sebesar Rp 1.400.000, dapat ditransfer ke Bank Mandiri KCP Krakatau Steel, Rekening No. : 0700007801454 a/n : Persatuan Insinyur Indonesia – Badan Kejuruan Teknik Industri.


Biaya Sertifikasi Insinyur Profesional, berlaku selama 5 tahun, dengan 3 opsi sebagai berikut:
• Insinyur Profesional Pratama (IPP) = Rp. 1.100.000
• Insinyur Profesional Madya (IPM) = Rp. 1.650.000
• Insinyur Profesional Utama (IPU) = Rp. 2.200.000

Sisa Biaya Sertifikasi, yaitu Biaya Sertifikasi butir 6 diatas dikurangi Biaya Uang Muka Sertifikasi dapat ditransfer ke Bank Mandiri KCP Krakatau Steel Rekening No. 0700007801454 Atas nama : Persatuan Insinyur Indonesia – Badan Kejuruan Teknik Industri, setelah memperoleh tagihan dari LSKI PII.


Seluruh Persyaratan dan bukti transfer agar di upload ke : http://bit.ly/daftar-sertifikasi

Pendaftar akan diberikan notifikasi jadwal Pre-wawancara / Wawancara sesuai prosedur Sistem Sertifikasi Insinyur Profesional.

Pendaftaran dan pemasukan CV Lengkap:
http://bit.ly/daftar-sertifikasi

– BATCH ke 1 pada 10 Februari 2019.
– BATCH ke 2 pada 19 Februari 2019.
– BATCH ke 3 pada 28 Februari 2019.
– BATCH ke 4 pada 10 Maret 2019.
– BATCH ke 5 pada 20 Maret 2019.
– BATCH ke 6 pada 30 Maret 2019.
– BATCH ke 7 pada 10 April 2019.
– BATCH ke 8 pada 20 April 2019.
– BATCH ke 9 pada 30 April 2019.
– BATCH ke 10 pada 10 Mei 2019.
– BATCH ke 11 pada 20 Mei 2019.
– BATCH ke 12 pada 30 Mei 2019.
– BATCH ke 13 pada 10 Juni 2019.
– BATCH ke 14 pada 20 Juni 2019.
– BATCH ke 15 pada 30 Juni 2019.
– BATCH ke 16 pada 10 Juli 2019.
– BATCH ke 17 pada 20 Juli 2019.

– BATCH ke 18 pada 30 Juli 2019.
– BATCH ke 19 pada 10 Agustus 2019.
– BATCH ke 20 pada 20 Agustus 2019.
– BATCH ke 21 pada 30 Agustus 2019.
– BATCH ke 22 pada 10 September 2019.
– BATCH ke 23 pada 20 September 2019.
– BATCH ke 24 pada 30 September 2019.

Semua CV & Dokumen Lengkap yang masuk akan dievaluasi dan diberi notifikasi, dilayani dengan standar waktu (10 hari kerja) dan pelayanan yang terus menerus ditingkatkan.

Atas perhatian dan kepercayaannya kami ucapkan terimakasih.

Badan Kejuruan Teknik Industri – Persatuan Insinyur Indonesia.
Hormat kami,

Ir. Junianto Yuristiono, IPM – Direktur Eksekutif
Dr. Ir. Zaenal Muttaqien, SE., S.Pd., MT., IPM., AER.- Ketua Bidang Sertifikasi dan Pengembangan Keahlian Profesi

Form Pendaftaran:
http://bit.ly/daftar-sertifikasi

Download Lampiran Info (MATERI PRE IP):
http://bit.ly/2GTTt7e atau https://drive.google.com/… (RAR)